Manfaat Makan Coklat Hitam Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

foto-gambar-dark-coklat-hitamPenelitian menunjukkan bahwa manfaat makan coklat hitam yaitu dapat berpengaruh secara positif bagi kesehatan Anda dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Terbuat dari biji buah pohon coklat / kakao, manfaat coklat untuk kulit adalah sebagai salah satu sumber antioksidan terbaik di planet ini. Coklat hitam juga kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan.

1. Coklat Hitam adalah Sangat Bergizi

Jika Anda membeli coklat hitam berkualitas dengan kandungan kakao yang tinggi, maka sebenarnya cukup bernutrisi.

Mengandung serat larut air dalam jumlah yang layak dan sarat dengan mineral.

Satu batang 100 gram coklat hitam dengan 70-85% cocoa mengandung :

11 gram serat.
67% dari RDA untuk Iron.
58% dari RDA untuk Magnesium.
89% dari RDA untuk Copper.
98% dari RDA untuk Mangan.
Ini juga memiliki banyak kalium, fosfor, seng dan selenium.

Tentu saja, 100 gram (3,5 ons) adalah jumlah yang cukup besar dan bukan sesuatu yang harus dikonsumsi tiap hari. Semua nutrisi diatas juga disertai dengan 600 kalori dan gula dalam jumlah sedang.

Untuk alasan ini, coklat hitam terbaik dikonsumsi tidak berlebihan.

Profil asam lemak kakao dan coklat hitam sangat baik. Lemak jenuh dan sebagian besar tak jenuh tunggal, dengan sejumlah kecil lemak tak jenuh.

Hal ini juga mengandung stimulan seperti kafein dan theobromine, tetapi tidak mungkin untuk membuat Anda terjaga di malam hari karena jumlah kafein sangat kecil dibandingkan dengan kopi.

Intinya: coklat hitam berkualitas kaya akan serat, besi, magnesium, tembaga, mangan dan beberapa mineral lainnya.

2. Coklat Hitam adalah Sumber Antioksidan yang kuat

Apakah Anda pernah mendengar tentang ukuran yang disebut ORAC?

ORAC adalah singkatan dari Oxygen Radical Absorbance Capacity. Ini adalah ukuran dari aktivitas antioksidan dari makanan.

Pada dasarnya, peneliti melepaskan banyak radikal bebas (buruk) terhadap sampel makanan dan melihat seberapa baik antioksidan dalam makanan dapat menangkal mereka.

Relevansi biologis ukuran ini dipertanyakan, karena hal itu dilakukan dalam tabung reaksi dan mungkin tidak memiliki efek yang sama dalam tubuh.

Namun, saya pikir itu adalah layak disebutkan bahwa biji coklat kakao mentah yang belum diproses adalah salah satu makanan dengan skor tertinggi yang telah diuji.

Manfaat Coklat hitam sebagai antioksidan karena kaya akan senyawa organik yang aktif secara biologis. Ini termasuk diantaranya polifenol, flavanols, catechin.

Satu studi menunjukkan bahwa kakao dan buah coklat mengandung lebih banyak aktivitas antioksidan, polifenol, dan flavanols dari buah-buahan lain yang mereka uji, termasuk blueberry dan Acai berry.

Intinya: kakao dan cokelat hitam mempunyai berbagai jenis antioksidan yang kuat, jauh lebih banyak daripada kebanyakan makanan lain.

3. Coklat Hitam Dapat Meningkatkan Aliran Darah dan Mengurangi Tekanan Darah

Flavanols dalam coklat hitam dapat mendorong endotel, lapisan arteri, untuk menghasilkan Nitric Oxide (NO), yang merupakan gas.

Salah satu fungsi dari NO adalah untuk mengirim sinyal ke arteri untuk rileks, yang menurunkan resistensi terhadap aliran darah dan karena itu mengurangi tekanan darah.

Ada banyak percobaan terkontrol menunjukkan bahwa kakao dan coklat hitam dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, tetapi efek ini biasanya ringan.

Namun, ada juga satu penelitian pada orang dengan tekanan darah tinggi yang tidak menunjukkan efek.

Intinya: Senyawa bioaktif dalam kakao dapat meningkatkan aliran darah dalam arteri dan menyebabkan penurunan kecil tapi signifikan secara statistik dalam tekanan darah.

4. Cokelat hitam Meningkatkan HDL dan Melindungi LDL Terhadap Oksidasi

Mengkonsumsi coklat hitam dapat menurunkan beberapa faktor risiko penting terhadap penyakit jantung.

Dalam uji coba terkontrol, kakao / coklat bubuk ditemukan secara signifikan menurunkan kolesterol LDL teroksidasi pada pria.

Hal tersebut juga meningkatkan HDL dan menurunkan jumlah LDL pada pria dengan kolesterol tinggi.

LDL teroksidasi berarti bahwa LDL (kolesterol jahat) telah bereaksi dengan radikal bebas.

Hal ini membuat partikel LDL sendiri reaktif dan mampu merusak jaringan lain … seperti lapisan arteri di jantung Anda.

Ini masuk akal bahwa manfaat buah coklat untuk menurunkan LDL teroksidasi. Kandungan coklat yang tinggi dengan antioksidan kuat yang mengalir ke dalam aliran darah dan melindungi lipoprotein terhadap kerusakan oksidatif.

Coklat hitam juga dapat mengurangi resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko umum lain bagi banyak penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Intinya: Fungsi coklat hitam memperbaiki beberapa faktor risiko penting terhadap penyakit. Ini menurunkan kerentanan LDL terhadap kerusakan oksidatif sambil meningkatkan HDL dan meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Cokelat hitam Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Senyawa dalam cokelat hitam tampak sangat protektif terhadap oksidasi LDL.

Dalam jangka panjang, ini akan menyebabkan lebih sedikit kolesterol mengendap di jaringan arteri dan seharusnya kita melihat risiko yang lebih rendah dari penyakit jantung dalam jangka panjang.

Ternyata bahwa kita memiliki beberapa penelitian observasi jangka panjang yang menunjukkan peningkatan yang cukup drastis.

Dalam sebuah penelitian terhadap 470 pria lanjut usia, kakao ditemukan dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung dengan penurunan hingga 50% selama periode 15 tahun.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa makan coklat 2 kali atau lebih per minggu menurunkan risiko memiliki plak kalsifikasi di arteri sebesar 32%. Tidak memiliki manfaat makan coklat lebih jarang.

Tetapi penelitian lain menunjukkan bahwa makan cokelat 5 + kali per minggu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 57%.

Tentu saja, 3 studi ini yang disebutkan adalah studi observasional yang belum dapat membuktikan bahwa itu adalah cokelat yang menyebabkan penurunan risiko.

Namun, mengingat bahwa kita memiliki mekanisme biologis (tekanan darah rendah dan LDL teroksidasi) maka rasanya masuk akal bahwa konsumsi rutin cokelat hitam pada kenyataannya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Intinya: Studi observasional menunjukkan penurunan drastis risiko penyakit jantung bagi orang-orang yang mengkonsumsi macam macam coklat.

6. Manfaat Coklat Hitam Untuk Kulit Anda Dapat Melindungi Terhadap Sinar Matahari

Senyawa bioaktif dalam cokelat hitam juga mungkin lebih bagus untuk kulit Anda.

The flavonol dapat melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari, memperbaiki aliran darah ke kulit dan meningkatkan kepadatan kulit dan hidrasi.

The minimal erythemal dose (MED) adalah jumlah minimum UVB yang dibutuhkan untuk menyebabkan kemerahan pada kulit, 24 jam setelah terpapar.

Dalam salah satu penelitian terhadap 30 orang, MED meningkat lebih dari dua kali lipat setelah mengkonsumsi coklat hitam tinggi flavanols selama 12 minggu.

Tidak hanya enak dimakan, kegunaan coklat ketika dipakai sebagai masker dan lulur di rumah atau spa, dapat membantu membuat kulit sehat, kencang, bersih dan tampak lembab.

Jika Anda berencana untuk liburan ke pantai, pertimbangkan untuk mengkonsumsi cokelat hitam dalam beberapa minggu sebelumnya

Intinya: Studi menunjukkan bahwa flavanol dari kakao dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

7. Cokelat Hitam Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Berita baiknya khasiat coklat masih ada lagi. Cokelat hitam juga dapat meningkatkan fungsi otak.

Salah satu penelitian dari sukarelawan yang sehat menunjukkan bahwa 5 hari mengkonsumsi kakao tinggi flavanol meningkat aliran darah ke otak.

Kakao juga dapat secara signifikan meningkatkan fungsi kognitif pada orang lanjut usia dengan gangguan mental. Hal ini juga meningkatkan kelancaran verbal dan beberapa faktor risiko terhadap penyakit.

Kakao juga mengandung zat stimulan seperti kafein dan theobromine, yang mungkin menjadi alasan utama manfaat susu coklat dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.

Terdapat bukti yang cukup bahwa manfaat coklat bagi kesehatan cukup besar, dapat memberikan dampak yang positif terutama perlindungan terhadap penyakit jantung.

Tapi tentu saja, ini tidak berarti orang harus pergi keluar ke toko coklat dan banyak mengkonsumsi aneka coklat setiap hari. Hal ini masih sarat dengan kalori dan mudah untuk membuat coklat dimakan secara berlebihan. Mungkin mengkonsumsi satu atau dua setelah makan malam dan mencoba untuk benar-benar menikmati setiap gigitan.

Perlu diketahui bahwa banyak jenis coklat Indonesia dan import baik usaha rumahan / produksi pabrik yang dijual di pasaran dengan berbagai macam merek, contoh monggo, delfi, toblerone, cadburry, silver queen, kit kat dan masih banyak lagi. Anda harus memilih coklat hitam berkualitas … organik, dark coklat dengan kandungan kakao 70% atau lebih tinggi.

Coklat hitam terkadang mengandung gula, tetapi biasanya dalam jumlah kecil dan semakin gelap coklat, semakin sedikit itu akan mengandung gula.

Tersedia juga aneka olahan coklat dicampur dengan berbagai bahan lain yang hasilnya dapat berupa kue (cake), cupcake, puding susu, brownies kukus, permen, bolu gulung, keripik pisang, es krim, roti, cookies, pasta, pie, tart, agar agar, donat, biskuit bahkan hingga minuman seperti milkshake.

Ternyata selain harga coklat batangan yang terjangkau dan rasanya yang enak, banyak manfaat makan coklat hitam bagi kesehatan tubuh dan kulit yang belum banyak diketahui masyarakat.

Content Protection by DMCA.com

0 comments on “Manfaat Makan Coklat Hitam Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

Leave a Reply