Manfaat Coklat Untuk Ibu Hamil, Bolehkah Ibu Hamil Makan Coklat

manfaat-coklat-untuk-ibu-hamil-bolehkah-makan-coklat-saat-hamilBagi , segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh harus benar-benar diperhatikan. Salah satunya adalah coklat, banyak orang bertanya-tanya bolehkah makan coklat? apakah ada kerugian dan manfaat coklat untuk ? Mari kita bahas satu persatu.

Hampir semua orang menyukai coklat, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dibalik rasanya yang manis, coklat dianggap mengandung banyak kalori yang tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Namun dewasa ini berbagai penelitian telah menyebutkan bahwa makan coklat saat hamil justru bermanfaat bagi kehamilan. Khasiat coklat dapat membuat perasaan ibu hamil menjadi senang dan bahagia.

Berikut ini beberapa manfaat coklat untuk ibu hamil

• Dalam Jurnal Annals Epidemiologi menyebutkan bahwa coklat dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil serta membuat pembuluh darah tetap elastis, itu karena senyawa theobromine yang terkandung dalam buah coklat.
• Sebuah penelitian dari University of Helsinki, Finlandia juga menyebutkan bahwa anak dari ibu yang sering mengkonsumi coklat selama hamil mempunyai perilaku yang lebih positif seperti ceria, mudah tersenyum dan juga mudah tertawa. Hal tersebut terjadi karena ibu hamil yang mengkonsumsi coklat akan selalu merasa senang dan bahagia sehingga akan mencegah timbulnya stress.
• Mencegah Komplikasi
Komplikasi pada kehamilan yang biasa disebut dengan preeklamsia bisa dihindari dengan mengkonsumsi coklat secara rutin. Bahkan dengan mengkonsumsi coklat risiko tersebut dapat turun hingga 50%.

Selain manfaat coklat bagi kesehatan seperti di atas, ada juga manfaat makan coklat saat hamil lainnya:
• Mengkonsumsi coklat ketika hamil dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh
• Kandungan coklat yang kaya akan antioksidan sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil
• Mengkonsumsi coklat sebanyak 30 gram dalam sehari dapat mencukupi kebutuhan zat besi pada ibu hamil. Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan dan penting bagi ibu hamil.

Bagaimana? Anda tidak lagi merasa takut kan untuk mengkonsumsi coklat? Kini Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsi coklat ketika sedang hamil.

Tapi Anda harus ingat bahwa pemilihan jenis coklat juga harus diperhatikan. Jangan sampai Anda salah memilih coklat karena itu akan berpengaruh terhadap kehamilan Anda. Pilihlah aneka coklat yang rendah kalori, selain itu takaran dalam mengkonsumsi coklat juga harus diperhatikan.

Saat ini belum ada larangan dari dokter tidak boleh mengkonsumsi coklat saat hamil. Meskipun ada berbagai manfaat makan coklat yang bisa didapatkan seperti yang telah dijelaskan di atas, mengkonsumsi coklat dalam jumlah yang banyak juga tidak baik. Apalagi bagi ibu hamil yang mempunyai berat badan berlebih. Bagi ibu hamil dengan berat badan normal, mengkonsumsi coklat tidak menjadi masalah.

Lain halnya dengan ibu hamil obesitas, ibu hamil obesitas harus menjaga berat badannya agar tidak bertambah besar. Berbagai makanan dari coklat seperti puding coklat, kue coklat kering, keripik pisang coklat, permen coklat, dadar gulung coklat, pancake coklat, brownies coklat dan kreasi coklat lainnya yang mengandung kalori juga sebaiknya dikurangi.

Ibu hamil kelebihan berat badan bisa mengontrol berat badannya dengan cara mengkonsumsi karbohidrat yang seimbang.

Memang makan coklat tidak masalah bagi ibu hamil dengan berat badan normal, tapi ingat Anda tidak boleh lupa untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Jangan sampai karena keasyikan makan coklat enak, makanan sehat dikesampingkan.

Ketika hamil asupan nutrisi seimbang sangat penting untuk diperhatikan. Sebaiknya setelah minum susu coklat jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein lagi seperti kopi dan teh. Mengkonsumsi kafein yang terlalu banyak akan menimbulkan masalah pada kehamilan Anda.

Seberapa Banyak Kafein yang Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil?

Kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu kafein juga dapat menembus plasenta hingga ke janin. Ada batasan bagi ibu hamil dalam mengkonsumsi kafein dalam sehari, yaitu hanya 400 mg kafein atau setara 8 dark coklat batangan per hari.

Macam-macam Coklat Apa yang Dianjurkan Bagi Ibu Hamil?

Ketika sedang mengandung, semua makanan coklat atau minuman coklat yang masuk ke dalam tubuh harus diukur, terutama dalam mengkonsumsi coklat.

Bagi ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi dark coklat rendah kalori ketimbang coklat putih. Selain dapat mengontrol berat badan ketika mengkonsumsi coklat, juga terdapat manfaat coklat hitam lainnya.

Dark coklat mengandung senyawa theobromine yang bisa menstimulasi jantung. Selain itu senyawa tersebut juga dapat mengendurkan otot sehingga mampu melebarkan pembuluh darah.

Ingat bahwa tidak semua merk coklat yang dijual di toko coklat aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Semua manfaat coklat untuk ibu hamil akan diperoleh dengan pemilihan jenis coklat yang tepat dan semoga pertanyaan bolehkah ibu hamil makan coklat sudah jelas terjawab.

Content Protection by DMCA.com

0 comments on “Manfaat Coklat Untuk Ibu Hamil, Bolehkah Ibu Hamil Makan Coklat

Leave a Reply