Jenis-jenis Keju di Dunia & Kegunaanya & Gambarnya

Ada berbagai macam jenis keju yang sering ditemui di pasaran dan hal ini dapat benar-benar mengintimidasi untuk mengintip ke dalam toko yang jual keju dalam berbagai bentuk, ukuran, warna, dan label cetakan, terutama jika Anda dibesarkan dengan hanya mengenal keju moo atau Keju Kraft Singles keluarga seperti kebanyakan dari kita alami.
Di mana Anda harus mulai ketika memilih? Mana yang lembut, dan mana yang bau? Yang akan mencair dengan baik pada burger dan pizza? Mana yang lebih cocok dipakai sebagai bahan dalam resep saus keju?

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan info dan rincian dari daftar jenis-jenis keju yang kami pikir setiap penikmat makanan, pembuat kue, dan pecinta keju harus tahu. Mulai dengan harga keju murah hingga yang mahal dan mewah, dari negara-negara penghasil keju di seluruh dunia, dan dari ketiga jenis susu utama:

Keju Mascarpone

gambar-Keju-Mascarpone
Keju ini berasal dari Italia yang termasuk dalam jenis keju krim triple (triple cream-cheese). Bahan pembuatannya adalah krim segar yang didenaturisasi dengan sedikit tambahan asam citic, asam tartrat atau asam sitrat atau bisa juga jus buah lemon agar teksturnya menggumpal. Cara membuat keju ini tidak dilakukan proses fermentasi sehingga bentuknya lebih kental.

Mascarpone ini adalah bahan utama Tiramisu yang tersohor itu, warna keju putih susu dan sangat lembut sehingga mudah dioles.
Manfaat keju ini bisa digunakan sebagai pengganti mentega atau Parmesan cheese yang berfungsi mengentalkan dan memperkaya rasa risotto.

Keju ini biasanya diolah orang-orang sebagai menu dessert. Penyimpanan keju harus di dalam lemari es agar krimnya tidak cepat rusak atau lumer.

Keju mascarpone yang berkualitas biasanya buatan New Zaeland atau Australia. Teksturnya padat, kental dan saat dicampurnya dengan bahan lain tidak berubah bentuk. Rasanya yang gurih namun segar dan tidak bikin eneg.

Keju Edam

gambar-Keju-Edam
Biasa di sebut Keju tua merupakan keju asli yang teksturnya lebih padat, lebih asin dan lebih lemak. Namun Keju ini termasuk sulit didapatkan karena harga keju edam sangat mahal, biasanya dijual dalam bentuk bulatan, tapi karena terlalu mahal, banyak toko-toko yang menjual dalam bentuk potongan. Harus cepat dibeli atau setidaknya pesan dahulu kalau tak ingin kehabisan, lalu setelah di beli sebaiknya di simpan di lemari es atau segera di pakai karena keju ini kurang bisa bertahan lama.

Keju Cheddar

gambar-keju-cheddar
Keju olahan ini mudah sekali ditemukan di pasaran. Kata “Cheddar” berasal dari nama tempat dimana awal mula pembuatan keju ini pertama kali, yaitu di sebuah desa di Inggris yang bernama Cheddar. Salah satu merk jenis keju ini yang sangat populer di Indonesia adalah Keju Kraft. Harga keju cheddar terjangkau di kantong masyarakat, rasanya tidak kalah enak dengan keju edam. Keju cheddar biasanya digunakan untuk membuat kue keju dan juga digunakan sebagai pelengkap sarapan.

Keju Mozzarella

gambar-keju-mozarella
Keju Mozzarella biasanya digunakan sebagai campuran untuk memasak. Keju ini berasal dari Italia. Keju Mozzarella biasanya berwarna putih dan kekuningan dengan tekstur yang lembut. Tapi ada juga keju Mozzarella yang memiliki tekstur agak padat. Biasanya keju ini digunakan sebagai topping pizza keju dan berbagai makanan panggang lainnya. Cara melehkan keju ini dengan dipanaskan bisa membuat makanan lebih menarik dan lebih lezat.

Keju Parmesan

gambar-keju-parmesan
Seperti namanya, keju parmesan berasal dari Kota Parma, Italia. Keju ini memiliki tekstur yang lebih padat dan bentuknya beragam. Keju ini memiliki aroma khas yang sangat kuat karena ini melalui proses fermentasi keju yang sangat lama bahkan sampai bertahun-tahun.

Keju Ricotta

gambar-keju-ricotta
Di negara asalnya Italia Ini termasuk soft cheese, pada zaman dahulu dibuat dari sisa susu pembuatan keju. Namun kini proses pembuatan keju ini menggunakan susu sapi atau kambing rendah lemak atau tanpa lemak. Berwarna putih, lembut dan banyak mengandung air, dan gurih rasanya. Kandungan lemaknya 20 – 30 %.

Kombinasi rasa yang lembut dengan rasa asin yang netral, terasa lezat dengan aroma harum menjadikan keju ini terasa pas di padukan aneka masakan Italia seperti pasta, lasagna dan spaghetti.

Di jual dalam kemasan mangkuk plastik ditutup kantung plastik tebal. Hanya pasar swayalan / supermarket tertentu di Indonesia yang menjual jenis keju ini. Cake coklat Ricotta Buah Kering, adalah olahan keju yang sering menggunakan Ricotta.

Ada ribuan macam keju di dunia, dan daftar ini hanya membahas sebagian kecil diantaranya. Maksud kami, mungkin beberapa dari kita mengenal keju swiss? Atau keju belanda? Atau jenis-jenis keju lain yang belum disebutkan di sini, silahkan tambahkan dalam komentar

Content Protection by DMCA.com

0 comments on “Jenis-jenis Keju di Dunia & Kegunaanya & Gambarnya

Leave a Reply